Sorting by

×

2 Masalah E-Mail Umum dan Apa yang Harus Dilakukan

Email bisa menjadi hebat saat berfungsi. Sulit untuk mengetik email ke segala hal mulai dari menghubungi keluarga hingga meminta informasi dari bisnis atau organisasi lain. Apakah Anda ingin mengirim pesan yang sama ke beberapa orang? Berkomunikasi dengan seseorang di seluruh negeri? Ingin mengirim foto, teks atau informasi lainnya? Dalam hal kecepatan dan efisiensi, jarak dekat sekarang menjadi salah satu fitur kehidupan modern yang paling nyaman.

Tapi e-mail bukan tanpa masalah. Jika Anda memasukkan nama penerima yang dituju tetapi pesan Anda terus memantul kembali, Anda mungkin tidak menyanyikan pujian email. Ditto untuk lampiran yang tidak mau terbuka atau gangguan lain semacam itu. Namun, dengan sedikit kesabaran, Anda dapat dengan mudah mengatasi sebagian besar masalah email. Berikut ini adalah 4 masalah umum email beserta solusi untuk mengatasinya.

Masalah – Pesan yang Dikembalikan

Ini mungkin yang paling membuat frustrasi dari semua masalah email. Setelah meluangkan waktu untuk membuat pesan, Anda mengklik tombol “kirim” dan menganggap tugas Anda selesai. Tapi hal berikutnya yang Anda tahu, pesan itu muncul di kotak masuk Anda dengan judul yang tidak sampai ke penerima yang dituju.

Solusi

Pertama, ambil langkah sederhana untuk memeriksa apakah alamat penerima Anda telah dimasukkan dengan benar. Ini mungkin tampak jelas, tetapi terkadang satu-satunya kesalahan adalah huruf yang salah tempat, penggunaan “com”, bukan “net”, atau kesalahan serupa. Jika Anda mengetahui alamat yang benar, ini adalah masalah sederhana untuk memeriksa ulang setiap karakter. Jika tidak, Anda mungkin perlu bereksperimen dengan mengirimkan beberapa pesan, atau dengan memasukkan alamat alternatif dengan sedikit variasi. Dengan pendekatan ini, Anda cukup melacak pesan mana yang dipantulkan kembali dan membandingkannya dengan keseluruhan daftar alamat yang Anda gunakan. Jika Anda mengirim empat variasi tetapi hanya tiga yang dikembalikan, Anda telah menyelesaikan masalah dengan proses eliminasi.

Terkadang sumber masalah Anda terletak pada penerima. Jika pesan ke alamat lain masuk tetapi gagal di sini, coba hubungi penerima yang dituju dengan cara lain dan laporkan situasinya. Penyebabnya mungkin berkisar dari masalah sementara dengan server penerima hingga peralihan ke penyedia email lain, hingga kotak penuh. Dalam hal ini, menunggu mungkin merupakan jalan terbaik. Atau panggilan telepon atau komunikasi lain mungkin diperlukan dari pihak Anda untuk mendapatkan alamat email yang benar. Jika semua pesan Anda dikembalikan, Anda mungkin mengalami masalah koneksi. Lihat di bawah untuk detail lebih lanjut.

Masalah 2 – Anda Kehilangan Koneksi

Terkadang kegagalan untuk mengirim atau menerima e-mail dapat ditelusuri ke koneksi yang terputus dengan penyedia layanan Internet Anda.

Solusi

Jika Anda melihat pesan “gagal terhubung” atau “tidak ada tanggapan” atau telah menentukan bahwa Anda telah gagal terhubung, periksa kembali untuk memastikan tidak ada masalah fisik.

Pertama, periksa kabel dan koneksi Anda. Jika Anda menggunakan modem dial-up, dengarkan untuk memastikan modem menghasilkan suara panggilan bernada tinggi yang normal. Jika tidak, masalahnya mungkin koneksi yang longgar. Temukan kabel telepon yang membentang dari bagian belakang komputer Anda ke soket telepon, lalu pastikan setiap ujungnya terpasang dengan benar.

Jika Anda tidak mendengar suara panggilan yang diharapkan, periksa untuk memastikan kabel telepon Anda tidak rusak. Jika terlihat aus, gantilah dengan yang baru. Langkah lain termasuk memastikan saluran dicolokkan ke port yang benar, dan memeriksa jack telepon dengan mencolokkan kabel ke jack yang berbeda. Jika Anda mendengar suara panggilan setelah langkah-langkah ini, Anda berhasil membuat sambungan.

Masalah koneksi mungkin lebih sering terjadi pada modem dial-up daripada koneksi broadband, tetapi koneksi broadband juga bergantung pada koneksi fisik. Kabel yang longgar atau kabel yang tidak tersambung dengan baik dapat dengan mudah menimbulkan masalah. Terkadang terjadi kesalahan yang paling baik diatasi dengan mengulangi bagian dari proses penyiapan awal. Perbaikan sederhana yang digembar-gemborkan oleh perwakilan layanan teknis Verizon untuk beberapa pelanggan DSL (digital subscriber line) adalah memutuskan tiga jalur dari bagian belakang modem dan kemudian menyambungkannya kembali dalam urutan yang ditentukan. Ketika tindakan ini diambil, koneksi online segera kembali.

Jika Anda terhubung ke Internet tetapi masih mengalami kelambatan, putusnya koneksi mungkin disebabkan oleh sesuatu yang tidak diinginkan dari perangkat lunak. Misalnya, di Outlook Express, Anda akan melihat pemberitahuan “Tutup Setelah Selesai”. Jika kotak di depan kalimat ini dicentang, koneksi akan otomatis terputus setiap kali Anda mengirim atau mengunduh email. Terkadang klik mouse yang salah membuat Anda mencentang kotak, bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Cukup klik tanda centang untuk menghapusnya dan tidak akan ditutup lagi.

Jika akan berlanggakan email tentang kuliah manajemen transportasi dan logistik, di sini tempatnya

Tinggalkan komentar